Pojok Rumah Jurnal LP2M IAIN SAS Bangka Belitung Monitoring Jurnal

Pojok Rumah Jurnal LP2M IAIN SAS Bangka Belitung Monitoring Jurnal

Rumah Jurnal merupakan wadah publikasi ilmiah dan diseminasi hasil riset. Oleh sebab itu, Rumah Jurnal IAIN SAS Bangka Belitung diharapkan menjadi “House of the Knowledge” bagi civitas akademika dan masyarakat luas

(Bangka, 12/06/2021) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN SAS Bangka Belitung pada sore Jum’at, 12 Juni 2021 melakukan monitoring terhadap pengelolaan jurnal di bawah Pojok Rumah Jurnal. Pada kesempatan tersebut, dua pengelola jurnal hadir antara lain Tawshiyah: Jurnal sosial keagamaan dan pendidikan Islam dan Noura: Jurnal Kajian Gender dan anak. Pengelola jurnal ini terdiri dari para dosen-dosen muda dari berbagai fakultas di IAIN SAS Babel. Sebagai catatan Pojok Rumah Jurnal, dua jurnal ini merupakan jurnal yang sudah cukup lama terbit dan harapan ke depan agar terjadi percepatan akreditasi menyusul jurnal Scientia yang sudah memberi contoh sinta 4.

Selain itu, pada kegiatan tersebut pihak Pojok Rumah Jurnal yang diwakili oleh Mursyidul Wildan, M.H membuka sesi sharing mengenai kendala-kendala yang dihadapi pengelola. Beberapa poin yang tersampaikan antara lain: 1) pengelola jurnal sangat antusias mendapatkan ilmu baru dalam pengelolaan jurnal ilmiah; 2) Akan tetapi, perlu adanya pendampingan teknis mengenai sistem OJS.

Hasil dari pertemuan tersebut, Pojok Rumah Jurnal IAIN SAS Bangka Belitung akan mendampingi teknis OJS dari mulai menerima submission sampai publication. Paling tidak, ini skill dasar yang wajib dimiliki oleh pengelola jurnal. Selain itu, nantinya akan terus diadakan pendampingan-pendampingan mengenai etika publikasi, distingsi jurnal, strategi rekrutmen editor dan reviewer, serta rencananya akan ada pendampingan CSS untuk tampilan jurnal agar lebih menarik. Sebagai respon dari antusiasme pengelola jurnal, Pojok Rumah Jurnal akan mendampingi seminggu 3 kali dengan jam fleksibel. Pojok Rumah Jurnal ke depan diharapkan menjadi sebagai “tempat ngumpul” pada pengelola jurnal yang ada di IAIN SAS Bangka Belitung.

(Penulis: Ramanda)