Mahasiswa KKN IAIN SAS Babel Ikut Serta dalam Kegiatan Khitanan Massal di Desa Sinar Manik

Mahasiswa KKN IAIN SAS Babel Ikut Serta dalam Kegiatan Khitanan Massal di Desa Sinar Manik

BANGKA– Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari kampus IAIN SAS Bangka Belitung berpartisipasi aktif dalam membantu acara sunat massal yang diadakan oleh Masjid Nurul Falah, Desa Sinar Manik, Jebus, Kabupaten Bangka Barat, Minggu (30/6/2024)

Acara ini merupakan yang pertama kali diadakan di desa tersebut dan berhasil menarik perhatian banyak warga dan khitanan massal ini merupakan kerjasama antara Desa Sinar Manik dan dari Puskesmas Jebus, Serta partisipiasi dari Mahasiswa KKN IAIN SAS Babel.

Dengan jumlah peserta mencapai 30 anak yang teridentifikasi lewat kartu penduduk sebagai warga Desa Sinar Manik. Acara Sunat Massal ini berlangsung meriah dan penuh antusiasme. Para peserta tidak hanya mendapatkan layanan sunat gratis, tetapi juga diberikan sertifikat dan baju kaos sebagai kenang-kenangan dari kegiatan tersebut.

Ketua pelaksana acara, Samaid menyampaikan terima kasihnya kepada para mahasiswa KKN yang telah membantu dengan penuh dedikasi. “Kami sangat berterima kasih atas kerja keras dan semangat anak-anak KKN yang sudah ikut membantu mensukseskan acara ini.” kata Samaid

Acara ini tidak hanya memberikan manfaat secara medis, tetapi juga memiliki tujuan sosial yang besar. Pada tanggal 7 Juli mendatang, akan diadakan acara selamatan untuk para peserta sunat yang sudah menjalani proses sunat.

Ia menambahkan Acara ini diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan antar warga Desa Sinar Manik, yang terdiri dari berbagai latar belakang daerah seperti Jawa, Palembang, dan Bangka Belitung sendiri, hal ini pun turut disampaikan oleh panitia dalam kegiatan sunatan massal tersebut.

“Ini adalah langkah awal yang baik untuk mempersatukan warga desa. Karena yang kita tahu kebanyakan penduduk desa adalah pendatang yang berasal dari berbagai macam suku, seperti Palembang, Jawa, dan penduduk asli Bangka. Jadi ya kami harap dengan adanya kegiatan ini bisa mempersatukan warga-warga desa sinar manikā€ ujar samaid

Kegiatan sunat massal ini menunjukkan semangat gotong royong dan kebersamaan yang kuat di Desa Sinar Manik, serta memberikan contoh baik bagi desa-desa lain di sekitarnya. Dengan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan acara ini dapat menjadi tradisi yang berkelanjutan dan membawa banyak manfaat bagi masyarakat.

Salah satu mahasiswa KKN, Putri, menyatakan kebanggaannya dapat terlibat dalam kegiatan ini. “Kami sangat senang bisa membantu acara sunat massal ini. Ini adalah pengalaman berharga bagi kami sebagai mahasiswa dan juga memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Sinar Manik,” ujar Putri.