Tim Pengabdian kepada Masyarakat IAIN SAS Bangka Belitung tebarkan Moderasi Beragama di Desa Air Anyir

Foto Bersama Tim Pengabdian kepada Masyarakat IAIN SAS Bangka Belitung dan segenap masyarakat Desa Air Anyir setelah Sosialisasi Pentingnya Moderasi Beragama 

(Air Anyir, 19-08-2021/LP2M)/ Moderasi Beragama merupakan salah satu core issue Kementerian Agama RI sejak beberapa tahun yang lalu hingga saat ini. Moderasi Beragama merupakan modal sosial yang perlu dinarasikan, dilisankan, serta dibatinkan dalam kehidupan sosial beragama sehari-hari. Hal yang sama juga berlaku untuk Bangka Belitung yang notebene memiliki modal historis berupa warisan keragaman baik dalam agama, budaya, maupun filosofi kehidupan sehari-hari.

Salah satu pengabdian kepada masyarakat yang merupakan program Litapdimas 2021 IAIN SAS Bangka Belitung adalah judul pengabdian yang dibesut oleh Dody Irawan, M.Pd. beserta tim. Dody Irawan merupakan salah satu nominee penerima bantuan Litapdimas 2021 yang mengangkat judul “Membangun Moderasi Beragama di Desa Air Anyir”. Moderasi beragama–menurut Dody– merupakan salah satu usaha melalui paradigma positif yang dapat dijadikan sebagai counter-narasi terhadap isu-isu terorisme dan kekerasan atas nama agama. Lebih lagi, moderasi beragama ini dapat membangun layaknya sebuah early warning system bagi hal-hal yang dapat berpotensi menganggu kerukunan di Bangka Belitung. “Saya tertarik membangun narasi moderasi beragama ini mulai dari titik yang paling subtil dari masyarakat Bangka Belitung, yaitu masjid. Jadi tujuan saya melakukan pengabdian ini yaitu pembinaan dan penyebaran narasi moderasi beragama melalui institusi sosial keagamaan yang sangat lekat dengan masyarakat kita, yaitu masjid”, imbuh Dody. (/ramanda)